Rabu, 20 April 2011

HIDUP YANG BERUNTUNG

Amsal 28:13-20 <=== di baca dan di renungkan

“Keuntungan” adalah tujuan semua hidup manusia dalam bekerja. Apakah dia seorang pedagang, bisnisman, atau apapun pekerjaannya, setiap manusia ingin hidupnya menghasilkan keuntungan.
Seringkali kita hanya berpikir tentang keuntungan2 yang bersifat jasmani, untung dalam bentuk uang, hadiah mobil, rumah dan lain sebagainya.

Cobalah kita rubah paradigma (cara pandang) kita mengenai keuntungan. Pikirkan mengenai keuntungan perubahan hidup, keuntungan-keuntungan karakter dalam hidup kita. keuntungan karakter kita mempengharuhi seluruh bidang kehidupan kita. artinya untuk mendapatkan keberuntungan kita perlu mengubah karakter hidup kita.

Karakter2 apa saja yang menunjang hidup kita, sehingga hidup kita mendapatkan keberuntungan?

1. Jangan menyembunyikan pelanggaran- tetapi akuilah itu (ayat 13).
Jika anda memiliki pelanggaran yang sulit diakui, carilah mentor yang anda percayai dan andalkan untuk mengakui segala pelanggaran kiita. Keberuntungan orang yang tidak menyembunyikan pelanggarannya akan memiliki keberuntungan akan disayangi. Jangan berpikir bahwa dengan anda mengakui pelanggaran maka anda akan dibenci, justru akan disayangi. Pengakuan akan menimbukan kasih sayang bukan kebencian.

2. Jangan mengeraskan hati - takutlah akan Tuhan (ayat 14).
Ayat 14 berkata “Berbahagialah orang yang senantiasa takut akan Tuhan” hal ini berarti Keuntungan bagi kita jika kita takut akan Tuhan adalah “Kebahagiaan” . jika kita ingin berbahagia miliki sikap takut akan Tuhan. Orang yang mengeraskan hati adalah orang yang sulit mendapatkan kebahagian, dengan demikian orang mengeraskan hati sama dengan orang yang tidak takut akan Tuhan. Kerugian mengeraskan hati adalah “jatuh ke dalam melapetaka.

3. Jangan menghalalkan laba yang tidak halal (ayat 16)
Bukankah akhir2 ini banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar2nya? Akibatnya jatuh kedalam pencobaan, di mana laba yang tidak halal pun dikejarnya bahkan dibuatnya halal, dengan kata lain menghalalkan segala cara. Jika kita tidak menghalalkan (membenci) laba yang tidak halal maka itu akan memperpanjang umur kita.

4. Jangan berliku-liku jalannya (ayat 18)
Yang sering membuat kita bercela seringkalio memang jalan kita yang berliku-liku. Belajarlah hidup kita supaya jangan berliku-liku agar kita mendapatkan keberuntungan yaitu supaya kita tidak jatuh ke dalam lobang, jika kita terjatuh ke dalam lobang itulah aib kita.

5. Dapat dipercaya (ayat 20)
“orang yang dapat dipercaya mendapat banyak harta”. Hal ini berarti orang yang dapat dipercaya akan mendapat banyak keberuntungan. Manusia yang paling malang di dunia ini adalah orang yang tidak dapat dipercaya. Karakter orang yang ingin cepat kaya akan mengalami kejatuhan bahkan akan mendapatkan hukuman.

KARAKTER (PERUBAHAN HIDUP) ADALAH PENUNJANG KEBERUNTUNGAN HIDUP KITA


Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger