Rabu, 20 April 2011

JENIS-JENIS KEKUATIRAN

Matius 6:25-34

Apakah ketika anda membaca renungan ini, anda dalam keadaan kuatir? Saya berdoa ketika anda membaca renungan ini, anda diberkati dan dipulihkan dari kekuatiran.

TAHUKAH ANDA JIKA KUATIR ITU SAMA DENGANORANG YANG KURANG PERCAYA? (AYAT 30)

Berikut ini jenis-jenis kekuatiran dalam hidup manusia yang Tuhan Yesus ucapkan pada waktu khotbah di bukit:

1. Kuatir akan hidup (ayat 25a).
Jenis kekuatiran yang Tuhan Yesus ungkapkan adalah kekuatiran akan hidup. Ada beberapa terjemahan kata hidup diterjemahkan dalam bentuk lampau (past), dan dalam bentuk sekarang (present, manusia memiliki kekuatiran hidupnya di masa lampau. Masa lampau yang negatif membayangi membuat hidup kita kutir. Masa lampau yang mengecewakan membuat manusia kuatir.

2. Kuatir akan tubuh (ayat 25)
Kekuatiran akan tubuh terbagi 2 kekuatiran;
• Pertama, Kekuatiran akan makanan dan minuman, inilah yang dikuatirkan oleh banyak manusia. Yang dipikirkannya adalah masalah makanan, besok makan apa? Besok makan di mana? Bahkan besok makan siapa? Begitulah manusia hari-harinya dilanda kekuatiran tubuh yaitu perkara makanan dan minuman. Padahal Tuhan menjelaskan burung2 dilangit saja tidak kuatir apa akan mereka makan dan minum besok, padahal mereka tidak memintal (ayat 26) . jika kita sudah bekerja dengan maksimal jangan kuatir apa yang kita makan dan minum.
• Kedua, kuatir akan pakaian (ayat 25 dan 28-30). Manusia banyak kuatir apa akan dipakai. Pakaian merupakan kekuatiran dalam urusan tubuh. Takut dan kuatir berpakaian compang-camping. Padahal Tuhan menasihatkan kita bunga saja didandani oleh Tuhan sehingga bisa begitu indah, bahkan salomo saja berpakaian tidak memakai bunga yang didandani oleh Tuhan. Jadi janganlah kuatir akan hal ini.

3. Kuatir akan hari besok (34)
Kuatir akan hari besok (yang akan datang-future), inilah kekuatiran terbesar manusia, dimana manusia ingin mengetahui masa-masa yang akan datang, karena keingintahuannya maka yang terjadi adalah kekuatiran. Kuatir jika besok –besok banyak mengalami kesulitan atau kesusahan.

BAGAIMANA MENGATASI KEKUATIRAN?
Ayat 33: tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Terjemahan bebas lainnya: Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka segala kekuatiranmu akan dikerjakanNya.


KUATIR SAMA DENGAN KURANG PERCAYA


Saya berdoa agar saat Anda membaca renungan ini, anda mengalami kemenangan dari kekuatiran. AMIN


Salam dan Doa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger