Rabu, 26 Januari 2011

dewa kematian...

GRIM REAPER

The Grim reaper adalah sebutan kematian dalam Budaya barat dan biasa digambarkan sebagai seseorang berbadan kerangka memegang sebuah sabit besar, dan menggunakan sebuah jubah tengah malam hitam dengan sebuah kerudung, atau kadang-kadang, sebuah kafan kuburan putih

MITOLOGI
Beberapa mitologi asing memasukan kematian sebagai unsur dari dewa dewanya, berikut contoh dan penjelasannya:

• Ankou (Breton)

Dalam cerita rakyat Celtic Brittany, Ankou adalah pertanda kematian yang mengumpulkan jiwa-jiwa orang mati. Ankou atau Raja Mati, adalah orang terakhir yang mati di sebuah paroki selama setahun. Untuk tahun berikutnya ia menganggap tugas memanggil orang mati. Ankou digambarkan sebagai sosok tinggi, kurus kering dengan rambut putih panjang, atau sebuah kerangka dengan kepala bergulir mampu melihat segalanya di mana-mana. Ini mengendarai kereta spektral didampingi oleh dua tokoh hantu berjalan kaki dan berhenti di rumah orang yang akan mati. Ia mengetuk pintu-membuat suara yang kadang-kadang didengar oleh hidup-atau memberikan sebuah raungan sedih seperti irlandia Banshee. Kadang-kadang terlihat sebagai sebuah penampakan memasuki rumah. Ia mengambil arwah orang yang sudah mati yang kemudian ditempatkan dalam kereta dengan bantuan dua hantu pendamping. Ankou adalah sosok yang kuat yang mendominasi cerita rakyat Breton
• Satan
• Hades (Yunani)

Hades (dari kata Yunani ᾍδης, Hadēs, atau Ἅιδης, Háidēs)
adalah dewa kematian atau dewa neraka dalam Mitologi Yunani. Hades juga dikenal dengan nama Pluto (Πλούτων, Plouton) dalam Mitologi Romawi. Karakter Hades sering digambarkan bersama anjing berkepala tiga bernama Cerberus di dunia bawah tanah (neraka).
Di dalam kekristenan kata Hades dipakai untuk menterjemahkan kata Sheol, שאול (Sh'ol) dalam bahasa Ibrani, yang artinya alam kubur manusia atau "dunia di bawah". Bahasa Indonesia menerjemahkan kata Hades yang berarti alam kubur tersebut dengan kata neraka, diambil dari bahasa Sanskerta, dengan arti yang sama
• Hel (Norse)
 
• Izanami (Shinto)

Also known as: Izanami-no-kami, Izanami-no-mikoto
Associated Abilities: Brawl, Command, Fortitude, Integrity, Occult, Stealth
Associated Epic Attributes: Appearance, Charisma
Associated Purviews: Darkness, Death, Earth
Rivals: Baron Samedi, Hades, Hel, Mictlantecuhtli, Osiris, Sukellos, Yama, Yanluo
Enemies: Izanagi

        The Queen of Yomi is a terrifying and tragic figure, a rotting reminder of the inevitable death that awaits all living things. Once a carefree and loving goddess of creation and life, she is now the goddess of death and of the impenetrable darkness, and she rules her joyless underworld realm with no compassion or hesitation. Despite her gruesome appearance and horrible domain, she is nevertheless treated with the greatest respect by the other Amatsukami; after all, with a very few exceptions, she is the mother of all the other gods.

Izanami and Izanagi
        Izanami and Izanagi were happily married, and after they had given birth to the islands of Japan they further created together all the gods of heaven. One day, however, Izanami brought forth the fire god Kagutsuchi in childbirth, and his fierce flames and violent nature were such that she was mortally wounded giving birth to him. With her dying breath she delivered the other child in her womb, the water god Mizuhame, and then expired of her greivous burns. Furious and grieving, Izanagi immediately struck off Kagutsuchi's head and threw his body from heaven for the crime of having taken his wife from him.
        Izanagi was afflicted with terrible sorrow and grieved so sorely that he could not concentrate on anything else; eventually, he decided that he would descend immediately to Yomi to retrieve his wife. The journey downward was long and perilous, and the darkness became more and more frightening, but he persevered until he found her in the deepest, darkest room of the underworld. He could not see her in the darkness but embraced her, begging her to return to the world above with him; in a sorrowful voice she told him that she could not, as she had already been tricked into eating the food of the underworld and could never leave it again. He refused to leave her behind, and finally, when she had fallen asleep, exhausted, made a makeshift torch out of his comb and set it ablaze. The light allowed him to see that Izanami, once the most beautiful of goddesses, was now a horrible, rotting creature, infested with maggots and hideous to behold. Shocked and disgusted, he cried out and immediately fled the underworld; Izanami awoke and, realizing what had happened, chased him, crying in rage and shame that he had looked upon her when she had asked him not to. He was faster than she and escaped to the world above, shoving a huge rock into the mouth of the opening to prevent her from following him.
        Izanagi never returned again; when, in her anger, Izanami cried that she would cause a thousand of the humans he had created to die each day for the pain he had caused her, he retorted that he would half again as many to be born each day, and departed forever. • Kamatayan (Filipina)
• La Muerte (Mexiko)
 
• Mictlantecuhtli (Aztec)

Mictlantecuhtli ( Nahuatl: [miktɬaːn'tekʷtɬi] miktlahnTEKtlee yang berarti tuan Mictlan)
dalam mitologi Aztek, adalah seorang dewa yang mati dan raja Mictlan (Chicunauhmictlan), yang terendah dan bagian utara dari neraka. Dia adalah salah satu dewa utama suku Aztec dan yang paling menonjol dari beberapa dewa dan dewi kematian dan dunia bawah. Mictlantecuhtli penyembahan kadang-kadang terlibat ritual kanibalisme, dengan daging manusia yang dikonsumsi di dalam dan di sekitar candi.
Dia digambarkan sebagai kerangka yang terpercik darah atau orang yang mengenakan tengkorak. Walaupun kepalanya hanya tengkorak, kepala dihiasi dengan bulu burung hantu dan kertas spanduk,dan ia mengenakan kalung bola mata manusia, sementara anting antingnya terbuat dari tulang manusia. Ia bukan satu-satunya dewa Aztec akan digambarkan dengan cara ini, banyak dewa-dewa lain mengenakan pakaian atau dekorasi yang menggabungkan tulang dan tengkorak. Di Aztec, kerangka adalah simbol kesuburan, kesehatan dan kelimpahan, mengacu ke hubungan yang erat antara kematian dan kehidupan. Dia sering digambarkan memakai sandal sebagai lambang pangkat tinggi sebagai Tuhan Mictlan. Lengannya sering digambarkan dalam gerakan yang agresif, menunjukkan bahwa ia siap untuk memecah-belah orang mati ketika mereka masuk ke tempatnya. Dalam codex Aztek Mictlantecuhtli sering digambarkan dengan tulang rahang terbuka untuk menerima bintang-bintang yang turun ke dia pada siang hari.
• The Morrigan (Irlandia)
 
Dewi Morrigan Celtic Celtic Dewi Dewi Celtic Morrigan Morrigan
Kisah Morrigan, dewi perang tertinggi adalah salah satu yang sangat menarik. Dia adalah Ratu hantu dan setan, bentuk-shifter. Dia sering mengambil bentuk burung gagak gagak atau bangkai. Dia adalah seorang dewi triple di Irlandia, yang terdiri dari Babd, aspek ibu, terkait dengan kuali, gagak dan gagak dan kehidupan, kebijaksanaan, inspirasi dan pencerahan. Aspek kedua adalah Macha, para pembela wanita dalam perang seperti dalam damai, dewi perang dan kematian. Licik, kekuatan fisik semata, seksualitas, fertilitas, dominasi atas laki-laki. Dan aspek ketiga, Nemain-Celtic Dewi panik dan perang.


• Mors (Romawi)



• Odin (Norse)

Dalam Mitologi Nordik, Odin Odhr), yang berarti “perangsang”, “kemarahan”, dan adalah pemimpin para Dewa. Namanya konon berasal dari kata “óðr” (baca: “puisi”. Sebagai pemimpin para Dewa, ia memiliki banyak peran: Dewa kebijaksanaan, Dewa perang, Dewa pertempuran, dan Dewa kematian.


• death in battle Osiris (Mesir)
Salah satu yang paling penting dewa Mesir kuno, Osiris adalah dewa dari dunia bawah dan hakim orang mati. He also represented the idea of renewal and rebirth in the afterlife. Dia juga mewakili ide pembaharuan dan kelahiran kembali di akhirat. Osiris appears in many Egyptian myths and legends, and his cult spread beyond Egypt. Osiris muncul dalam mitos Mesir banyak dan legenda, dan menyebar pemujaannya di luar Mesir.
Little is known about the origin of Osiris in Egyptian mythology. Sedikit yang diketahui tentang asal-usul Osiris dalam mitologi Mesir. In very ancient times, he may have been a local god of the city of Busiris in Lower Egypt. Pada zaman yang sangat kuno, ia mungkin telah menjadi dewa lokal dari kota Busiris di Lower Mesir. It is possible that he was originally an underworld or fertility deity or a legendary hero. Ada kemungkinan bahwa ia awalnya merupakan dewa dunia bawah atau kesuburan atau pahlawan legendaris. By about 2400 B . C ., his cult had become firmly established and began to spread throughout much of Egypt. Dengan sekitar 2400 B. C., Pemujaannya telah menjadi mapan dan mulai banyak tersebar di seluruh Mesir.
In Egyptian mythology, Osiris was the son of the sky goddess Nut and the earth god Geb, brother and husband of Isis* and father of Horus. Dalam mitologi Mesir, Osiris adalah anak dari dewi Kacang langit dan bumi Geb dewa, saudara dan suami dari * Isis dan ayah dari Horus. He supposedly served as a ruler of early Egypt, where his followers honored him as both god and man. Ia diduga menjabat sebagai penguasa Mesir awal, di mana pengikutnya menghormatinya baik sebagai dewa dan manusia. Credited with civilizing the country, Osiris introduced agriculture and various crafts, established laws, and taught Egyptians how to worship the gods. Dikreditkan dengan peradaban negara, Osiris memperkenalkan pertanian dan berbagai kerajinan, hukum didirikan, dan mengajarkan orang Mesir bagaimana untuk menyembah para dewa.
deity god or goddess dewa dewa atau dewi
 
• Shinigami (Jepang)
Shinigami (死神) berasal dari kata dalam bahasa Jepang yang berarti 'Dewa Kematian'. Arti kata shinigami juga dapat merujuk kepada dewa-dewa yang berkaitan dengan kematian. Kini, shinigami sering muncul dalam cerita Jepang. Dalam serial karton jepang Shinigami berperan sebagai dewa pencabut nyawa









• Thanatos (Yunani)


• Yama Tuhan Kematian(Hindu)
Yama dan ChamundiAccording ke versi populer dari asal-usul mitologi Yama, orang suci diberitahu bahwa jika ia menghabiskan lima puluh tahun hidup dalam meditasi jauh di dalam gua, ia akan mencapai pencerahan. Pada malam hari dua puluh sembilan bulan kesebelas tahun 49, dua perampok memasuki gua dengan seekor lembu jantan yang kepalanya dicuri mereka melanjutkan untuk memotong. Ketika mereka menyadari bahwa pertapa telah menyaksikan aksi mereka, mereka memutuskan untuk membunuhnya. Ia meminta mereka untuk mengampuni nyawanya, menjelaskan bahwa dalam beberapa menit ia akan mencapai pencerahan dan bahwa semua upaya itu akan hilang jika mereka membunuhnya sebelum berakhirnya lima puluh tahun. Para pencuri mengabaikan permintaannya dan memenggal kepalanya. Segera, ia mengambil bentuk ganas Yama dan meletakkan kepala banteng pada tubuh tanpa kepala-nya sendiri. Dia kemudian membunuh dua perampok dan minum darah mereka dari cangkir yang terbuat dari tengkorak mereka. Dalam kemarahan, ia mengancam akan menghancurkan seluruh penduduk Tibet. Orang-orang Tibet mengajukan banding ke dewa Manjushri (Bodhisattva kebijaksanaan), untuk melindungi mereka dari Yama. Manjushri kemudian diasumsikan bentuk Yamantaka (penakluk kematian), mengalahkan Yama, dan berbalik dia menjadi pelindung agama Buddha, dalam rangka untuk menyelamatkan rakyat.
Pada citra visual ia sering ditampilkan disertai dengan istri nya, Chamundi, yang menawarkan tengkorak Yama semangkuk penuh obat mujarab iblis-darah. Dia diwakili telanjang, mengenakan karangan bunga kepala manusia terputus. dalam warna biru gelap ia memiliki kepala kerbau, dan ditampilkan dalam posisi yang dinamis pada hewan ini.


• Yanluo (China)

Dalam mitologi Cina, Yan Wang (cina sederhana: 阎王; cina tradisional: 阎王; Pinyin: Yan Wang), juga disebut Yanluo (cina sederhana: 阎罗; cina tradisional: 阎罗; Pinyin: Yánluó; Wade-Giles: Yen-lo), adalah dewa kematian dan penguasa Di Yu (地狱 Jp. Jigoku, ko. 지옥 Jiok, "neraka" atau dunia bawah tanah). Nama singkat Yanluo adalah transliterasi Cina dari istilah Sanskerta यम राज Yama Raja (阎 魔 罗 社) "Raja Yama". Di Korea, karakter yang sama yang diucapkan Yomra dan dewa biasanya disebut sebagai Raja Besar Yomra atau 염라대왕 (阎罗 大王). Di Jepang Yanluo disebut sebagai Emma (tua Yemma) Enma (阎 魔?), Atau Emma-ō (阎 魔 大王 Enma Dai-o, "Bagus Raja Yama"). Dalam kedua kuno dan modern, Yanluo digambarkan sebagai seorang pria besar dengan wajah merah cemberut, mata melotot dan jenggot panjang. Dia memakai jubah tradisional dan sebuah mahkota di kepalanya yang biasanya menanggung 王 kanji, yang berarti "raja."
Asal-usul Sabit Besar

Dewa kematian biasanya digambarkan dengan sabit besarnya sebagai alat pencabut kematian. Sabit besar asalnya dari sebuah kesalahpahaman etimologi Yunani yang menghubungkan Dewa Cronos dengan waktu. Cronos adalah seorang Dewa Panen yang sering memperlihatkan sabitnya, dimana dia juga menggunakan alat itu untuk mengebiri ayahnya, Uranus. Periode etimologis dari Yunani korelasi yang sungguh keliru Cronus dengan waktu seharusnya adalah kesamaan dengan awalan chrono-. Berasal dari kekeliruan, Cronus sering digambarkan sebagai bapak sang Waktu, membawa sebuah sabit besar, dimana itu adalah benda yang diperlukan saat panen untuk menyabit. Karakter dari Bapak Waktu dan Grim Reaper sering saling melengkapi
Mitologi Hindu
Dalam Kitab agama Hindu diketahui bersama sebagai 'Veda', penguasa kematian disebut Yama, atau Yamaraj (harfiah"penguasa kematian").
Sebuah gambaran modern dari Penghakiman Yamaraja, oleh Dominique Amendola
“Yamaraja mengendarai seekor kerbau hitam black buffalo dan membawa seutas tali untuk membawa jiwa yang telah kembali kepadanya tempat tinggalnya disebut "Yamaloka". Wakilnya, Yamaduts, yang membawa jiwa yang telah mati ke Yamaloka. Disini, semua nama-nama dari orang baik dan buruk yang telah mati disimpan dan diurus oleh Chitragupta, dimana mengizinkan Yamaraj untuk memutuskan dimana sang jiwa tersebut bertempat tinggal pada kehidupan berikutnya, mengikuti teori dari reinkarnasi.
Ini dipercaya jiwa-jiwa mungkin mengalami kelahiran kembali di tempat yang kejam, atau tempat yang indah dan dikembalikan ke Bumi lagi, tergantung ketika sifatnya apakah baik atau buruk selama masa hidupnya. Seorang yang berpengalaman dengan karma dan bhakti dalam seluruh hidupnya diterima Moksha, kebebasan dari putaran mati dan lahir kembali dan semua penderitaan dan keterbatasan diperlukan dalam mewujudkan eksitensi duniawi. Yama juga menyebutkan di dalam Mahabharata sebagai seorang filosof besar dan pengagum dari Sri Krishna.


comment jgn lupa..

1 komentar:

 
Powered by Blogger